SATMENWA


Logo:

VISIMenciptakan mahasiswa sebagai kader-kader penerus bangsa  yang DISPLIN, TEGAS dan HUMANIS.
MISISebagai unit kegiatan mahasiswa yang mempunyai jiwa cinta tanah air dan memiliki sikap patriot dalam melaksanakan tugas dan segala kegiatan internal maupun eksternal.
SEJARAH SINGKATResimen Mahasiswa (disingkat Menwa) adalah salah satu kekuatan sipil yang dilatih dan dipersiapkan untuk mempertahankan NKRI sebagai perwujudan Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata). Menwa merupakan komponen cadangan pertahanan negara yang diberikan pelatihan ilmu militer seperti penggunaan senjata, taktik pertempuran, survival, terjun payung, bela diri militer, senam militer, penyamaran, navigasi dan sebagainya. Anggota menwa (wira) di setiap perguruan tinggi atau   kampus membentuk  satuan-satuan  yang merupakan salah satu bagian organisasi mahasiswa/mahasiswi di unit kegiatan mahasiswa (UKM). Menwa diberikan wewenang dan tanggung jawab yang berbeda dengan UKM lain dan berada langsung di bawah Rektorat. Kami lahir pertama kali dari Brigade XVII yang terdiri dari: Tentara Pelajar, TRIP, TGP, dan Corps Mahasiswa dalam rangka usaha merebut dan mempertahankan kemerdekaan NKRI.
PROGRAM KERJA POKOKPENDIDIKAN BERJENJANG : 1. Pendidikan Dasar Militer (DIKSARMIL) 2. Kursus Kader Pelaksana (SUSKALAK) 3. Kursus Kader Pimpinan (SUSKAPIN) PENDIDIKAN KHUSUS : 1. Kursus Pembinaan Mental (SUSBINTAL) 2. Kursus Intelijen / Sandi Yudha (SUSINTEL) 3. Kursus Pelatih (SUSPELAT) 4. Gladi Posko (LATPOKO) 5. Kursus Dinas Staff 6. Latihan Kepemimpinan Putri (LATPINTRI) 7. Pendidikan Menyelam / Scuba Diving 8. Pendidikan Search And Rescue (SAR) 9. Pendidikan Terjun Payung / Para Dasar.”
JADWAL KEGIATAN RUTIN· Setiap hari Sabtu apel korps pukul 05.00 dan bersih-bersih lingkungan kampus. · Rapat bersama Alumni Menwa UAJY. · Menghadiri serah terima jabatan Rektor, komandan satuan se-DIY. · Kegiatan sosial. · Kegiatan lain-lain yang berhubungan dengan pemerintahan internal / eksternal.
KONTAKInstagram : @menwa_uajy