unggul, inklusif dan humanis

serviens in lumine veritatis

bukan ilmu semata

Sekilas Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) dan UKM Komunitas Fair

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) adalah kegiatan yang dimaksudkan untuk “memasukkan” seseorang dalam komunitas yang baru, baik dengan memperkenalkan jati diri komunitas yang baru itu maupun dengan  segala upacara penyambutannya. PKKMB Universitas juga dimaksudkan untuk “memasukkan” mahasiswa di dalam komunitas universitas, baik dengan memperkenalkan universitas itu, maupun dengan seremoni penerimaan mahasiswa baru.

PKKMB Universitas Atma Jaya Yogyakarta dimaksudkan untuk menyambut para mahasiswa baru menjadi warga atau civitas academica Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY).  PKKMB universitas di UAJY dilaksanakan dengan memperkenalkan organisasi UAJY baik rektorat maupun kantor-kantor yang memberikan pelayanan kepada mahasiswa. Juga diperkenalkan sejarah, nilai-nilai pokok universitas, dan semangat yang dihidupi oleh universitas, termasuk semangat untuk mencintai tanah air untuk melawan radikalisme yang sedang menjadi isu besar di negara kita.

PKKMB Universitas diselingi dengan hiburan-hiburan yang menampilkan Unit Kegiatan Mahasiswa dan komunitas yang selama ini menjadi wadah untuk mengembangkan minat bakat  dan solidaritas sosial mahasiswa. Pengenalan lebih dalam pada UKM dan Komunitas akan dilaksanakan dalam kegiatan UKM & Komunitas Fair yang akan diselenggarakan pada tanggal 3 September 2022.

PKKMB Universitas sekaligus melengkapi PKKMB Fakultas yang telah memperkenalkan hal-hal teknis berkaitan dengan pembelajaran di UAJY. Selanjutnya kepada mahasiswa baru akan diperkenalkan dengan lingkungan dan budaya Yogyakarta di dalam “Kelas Jogja Istimewa” dan Latihan Dasar Pengembangan Kepribadian Mahasiswa (LDPKM) untuk membangun daya juang mahasiswa agar sukses di dalam menempuh studi di UAJY.

Dengan pelbagai kegiatan yang berkaitan dengan PKKMB ini, diharapkan mahasiswa dapat beradaptasi dengan lingkungan, budaya, dan cara belajar di UAJY yang pasti sangat berbeda dengan situasi dan model belajar di SMA. Apalagi sebagian besar mahasiswa UAJY berasal dari luar Yogyakarta, kegiatan PKKMB ini diharapkan membantu mahasiswa untuk memasuki dunia Perguruan Tinggi, khususnya di Universitas Atma Jaya Yogyakarta.